Review “Seminar Kewirausahaan SMAN 71 Jakarta”

            Pada hari Rabu, tanggal 23 Agustus 2017 telah diselenggarakan sebuah seminar kewirausahaan yang dibawakan oleh kakak-kelas XI SMAN 71 Jakarta. Adapun pembicara dalam seminar tersebut, diantaranya adalah Kak Asa, Kak Silvie, dan Kak Michelle.
             Materi yang di bawakan berupa  kreasi menghias barang agar memiliki tampilan yang menarik sehingga layak untuk dijual. Di dalam seminar tersebut, para kakak-kakak kelas mendemonstrasikan cara menghias barang yang akan dijual-belikan. 
            Acara seminar tersebut terbagi menjadi tiga sesi diskusi. Sesi pertama berisi penjelasan secara lengkap dari para moderator, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta seminar. Dalam menyampaikan bahan-bahan penghias ini, para moderator memberikan informasi yang baru yang belum kita ketahui, adalah sebagai berikut, yaitu Decoupage dan Sospeso yang ternyata mudah dalam pengaplikasiannya, dan hasilnya tetap memiliki nilai seni yang tinggi.Di sesi ini juga, kita juga ditunjukkan barang apa yang dapat dibuat dengan resin dan akrilik yang sebelumnya belum pernah terpikirkan oleh kita. Contohnya  dalam membuat prototype minuman yang ternyata bisa dengan menggunakan resin. 




Sesi kedua para moderator menceritakan pengalamannya dalam berbisnis. Di sesi kedua ini, menurut saya merupakan sesi yang sangat menarik, karena di sesi tersebut kita menjadi lebih bisa mendalami permasalahan yang akan kita dihadapi dalam dunia berbisnis. Sebagai contoh, apabila pelanggan merupakan orang asing, dan ternyata orang asing lebih menghargai sesuatu karya yang dibuat sendiri (homemade), hal ini sangat berbeda jika  dibandingkan dengan orang dalam negeri sendiri. Perlu diinformasikan bahwa para moderator kita ini, ternyata selain menjadi siswa, mereka juga merupakan para intrepeuner muda. Sebagai contohnya, Kak Asa yang ternyata merupakan owner dari Sara Shop, yang merupakan sebuah toko yang sering saya lewati dan juga saya kagum kepada keindahan dari design produknya.
            Sesi selanjutnya, membuat kita menambah pemahaman dan keterampilan dalam cara menghias barang menggunakan Decoupage dan Sospeso. Para moderator menjelaskan dengan rinci dan sangat mudah dipahami oleh para peserta seminar. Para peserta seminar, dapat mencoba dalam membentuk Sospeso dan membuat  bentuk sesuai yang inginkan.
             Seminar ini sangat bermanfaat bagi kita yang sedang belajar tentang kewirausahaan. Banyak sekali masukan yang dapat merangsang untuk memunculkan ide-ide baru yang bermanfaat. Namun sayangnya, seminar ini hanya untuk lima orang per kelompok, sehingga informasi penting tidak dapat tersampaikan kepada semua siswa yang sedang sama-sama belajar tentang kewirausahaan.
            Dapat disimpulkan, bahwa seminar ini sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan maupun keterampilan serta ide-ide yang bisa digunakan dalam kegiatan kewirausaahan.
Sebagai kenangan dalam seminar, saya sangat tertarik pada beberapa motto yang diberikan oleh para moderator, dan akan saya gunakan motto kami dalam kewirausahaan. Yang kami maksud motto tersebut salah satunya adalah, “Dalam  bisnis jangan pernah takut gagal”. Semoga dengan adanya motto ini, bisa memberikan motivasi dan support yang kuat kepada kami yang sedang belajar kewirausahaan. Dan tidak lupa kami panjatkan puji dan syukur dan mohon keridhaan-Nya dalam usaha-usaha yang kita kerjakan, untuk memperoleh kesuksesan. 




Penulis : Sri Purborini  (tim: Ageláda) X MIPA 3

Komentar